BAZNAS RI Dorong Optimalisasi Kantor Digital, Tingkatkan Transparansi dan Layanan Zakat Nasional
BAZNAS-RI-Dorong-Optimalisasi-Kantor-Digital-Tingkatkan-Transparansi-dan-Layanan-Zakat-Nasional
25/09/2025 | Penulis: Humas
Foto : Humas BAZNAS RI
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI terua memperkuat layanan zakat berbasis teknologi salah satunya melalui program Optimalisasi Kantor Digital. Upaya ini tidak hanya menghadirkan layanan yang lebih transparan dan modern, tetapi juga mendorong BAZNAS daerah untuk aktif memanfaatkan platform digital dalam penghimpunan zakat, infak, dan sedekah (ZIS).
Pimpinan BAZNAS RI Bidang Transformasi Digital Nasional, Prof. Ir. Nadratuzzaman Hosen, MS., M.Ec., Ph.D., menyampaikan bahwa perkembangan Kantor Digital menunjukkan tren positif dengan peningkatan signifikan pada publikasi berita dan donasi.
“Optimalisasi ini bukan hanya soal teknologi, tetapi juga tentang bagaimana Kantor Digital dapat menjadi alat pelayanan yang merata, transparan, dan mampu menjawab kebutuhan muzaki maupun mustahik di seluruh Indonesia,” jelas Prof. Nadra dalam acara Pengajian Selasa Pagi yang diselenggarakan oleh Pusdiklat BAZNAS RI melalui kanal Youtube BAZNAS TV, Selasa (23/9/2025).
Prof. Nadra menegaskan pentingnya komitmen kolektif dalam memanfaatkan Kantor Digital sebagai instrumen utama transformasi. “Optimalisasi Kantor Digital adalah bagian dari ikhtiar BAZNAS untuk menjadi lembaga zakat yang selevel dengan institusi modern. Bukan hanya pengguna teknologi, tetapi juga inovator yang menghadirkan pelayanan terbaik, amanah, dan inklusif bagi umat,” ujarnya.
Sementara itu, Direktur Inovasi dan Teknologi Informasi BAZNAS RI, Achmad Setio Adinugroho, menambahkan bahwa versi terbaru Kantor Digital dilengkapi dengan fitur-fitur baru, mulai dari menu artikel, newsletter, hingga text-to-speech berbasis kecerdasan buatan (AI) yang memudahkan akses informasi zakat. Selain itu, sistem keamanan juga diperkuat untuk melindungi data dari potensi serangan siber.
“Kantor Digital adalah wajah resmi BAZNAS daerah. Platform ini dibangun gratis, terintegrasi dengan SiMBA, dan dirancang agar penghimpunan zakat bisa lebih luas serta modern. Dengan memanfaatkan teknologi, kita bisa menembus batas konvensional dan menjangkau lebih banyak muzaki,” ungkapnya.
Evaluasi semester pertama 2025 menunjukkan bahwa 78 BAZNAS daerah sudah berstatus aktif menggunakan Kantor Digital, sementara 80 daerah tergolong moderat. Hingga akhir tahun, jumlah Kantor Digital diperkirakan mencapai 400 unit, dengan lebih dari 22 ribu berita yang dipublikasikan. Hasil riset juga menunjukkan bahwa dampak Kantor Digital terhadap peningkatan penghimpunan zakat justru lebih besar di luar Jawa dibandingkan di Jawa, membuktikan potensi besar digitalisasi zakat di daerah.
"Kantor Digital adalah kunci untuk meningkatkan penghimpunan, memperkuat kepercayaan, sekaligus memastikan zakat tersalurkan tepat sasaran. Mari kita bangun bersama agar manfaatnya benar-benar dirasakan umat,” pungkasnya.
Berita Lainnya
16 Mustahik di Kota Cirebon Rasakan Manfaat Program Petik Pahala BAZNAS
30/09/2025 | Humas
8 Keutamaan Sabar dalam Islam: Balasan Surga dan Pahala Tanpa Batas dari Allah
25/09/2025 | Humas | Akate
BAZNAS Kota Cirebon Bantu Anak Difabel dengan Kursi Roda di Kelurahan Harjamukti
03/10/2025 | Humas
Beasiswa Kemitraan BAZNAS 2025 Resmi Dibuka, Daftar dan Link Pendaftaran
26/09/2025 | Humas
Bersama Mensos RI, BAZNAS Resmikan Bantuan Masjid Cahaya Zakat dan ZCorner di Kampung Nelayan Indramayu
30/09/2025 | Humas
BAZNAS RI Sukses Raih IHYA Award 2025, Bukti Komitmen Dorong UMKM Halal
25/09/2025 | Humas

Info Rekening Zakat
Mari tunaikan zakat Anda dengan mentransfer ke rekening zakat.
BAZNAS